Islamic Book Fair 2016



Hola holaaaa


Kali ini gur muncul lagi nih, ingin menceritakan perjalanan gue dalam mencari calon imam berburu buku. Dalam pemburuan buku kali ini aku ditemani temen kece gue yaitu Kartika, rencananya sih sebenernya kita mau jalan berempat sama Thofan dan Esar. Tapi berhubung Thofan ada acara dan Esar ada kuliah, yaudin kita jalan berdua deh. Demi melaksanakan tujuan kita yaitu berburu buku, maka dari itu kita mengunjungi event tahunan Islamic Book Fair yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta. Event ini diadakan mulai tanggal 26 Februari – 6 Maret 2016.


Denger kabar book fair ini sebenernya udah lama, Cuma ya gitu acuh tak acuh lah. Kenapa acuh tak acuh ? Ada beberapa alasan sih sebenernya, karena namanya Islamic jadi yang ada dipikiran sempit dan kurang wawasan gue adalah yah yang dipamerin cuma buku buku yang islam gitu. Dan gue sering memperhatikan tiap tahun yang dateng tuh orang orang yang muslim dan muslimah banget. Secara gue masih urakan gini jadi yah minder dong. #AlesanAja


Nah tapi tiba tiba temen temen kece gue Thofan dan Kartika ngajakin ke sana, yah gue sih setuju setuju aja. Lumayan kan jalan jalan, ditambah gue denger biasanya ada meet & greet sama penulis buku, selain itu yang paling menarik adalah biasanya banyak diskon #tetep. Nah akhirnya kita memutuskan untuk berangkat pada hari kamis, 3 Maret 2016. 


Kita berangkat dengan moda transportasi kebanggaan warga Jakarta yaitu Transjakarta, kita naek busway koridor 9 dari pinang ranti. Dari pinang ranti kita turun di halte semanggi, di semanggi kita harus transit koridor melewati jembatan sepanjang jalan kenangan alias jembatan yang katanya JPO transit terpanjang  pertama di Jakarta ke halte bendungan hilir dari situ kita naik busway koridor 1 ke arah blok m. Nah disini kita bingung mau turun dimana, biasanya sih ya kalo mau nonton bulutangkis lebih deket turun dihalte Polda. Tapi berdasarkan pengalaman pas Indonesia Open 2015 halte Poldanya lagi dibongkar dan kita turunya dihalte GBK, tapi pas kita diskusi dikampus kata Thofan halte Poldanya udah jadi, yaudin kita turun di halte Polda. Dan ternyata,iyak sih haltenya udah jadi. Tapi JPOnya yang sebelah kanan belum jadi, jadi mau ga mau kita turun ke sebelah kiri. Nah lohhh??? Istora kan adanya di sebelah kanan. Tadinya gue sama Kartika mau mengikuti orang orang yang memiliki banyak nyawa, nyebrang di jalanan gitu. Tapi berhubung kita anak yang baik, jujur, dan gemar menabung akhirnya kita membatalkan niat itu. Dan kita memutuskan jalan dari halte Polda menuju ke halte GBK. Capek ga tuh? Jangan ditanya dah, biasa aja sih sebenernya #SokBanget.


Nah setelah mendaki gunung lewati lembah, nyampe lah kita di Islamic Book Fair yeayyyyy \(^0^)/. Niatan pertama mau istirahat dulu, secara abis jalan jauh yekannn. Nah tapi sampe sana kita lupa tujuan, akhirnya langsung masuk dan keliling keliling. Ceritanya sepupu gue ada yang nitip buku tapi dia Cuma ngasih judul, warna cover sama nama penulis doang. Terus sepupu gue bilang si penulis ini buka stand sesuai nama dia, nah keliling keliling lah kita nyari tuh stand, dan ga ketemu. Akhirnya kita memutuskan untuk kembali keluar buat ngeliat petanya, dan ternyata engga ada tuh nama standnya. Gue pun memutuskan untuk searching tuh penerbit bukunya sambil duduk dulu didepan, ternyata stand penerbitnya udah kita lewatin berkali kali -,-.  Setelah tahu penerbitnya kita memutuskan kembali masuk ke dalam yang penuh sesak itu, dan langsung ke standnya, dan ketemu yeayyyy \(^0^)/, diskon lagi 20 % #TetepYa


Abis kita keliling keliling nyari calon imam buku diskon, yahh lumayan kan. Setelah bersusah payah melewati rombongan rombongan yang suka berhenti ditengah jalan, menggeser orang orang yang mengerumungi buku buku yang diskon. Akhirnya dapetlah beberapa buku, HANYA beberapa kok soalnya duitnya terbatas, kita mutusin buat duduk lagi di dalam stadionnya dibangku yang warnanya biru dan paling depan, biasanya kalo lagi turnamen bulutangkis bangku biru ini jadi bangku VIP yang udah pasti harganya tidak bersahabat apalagi kalo udah babak final.


Duh focus dik..

Nah sambil duduk kita mengisi amunisi, pake bekel yang kita bawa dari rumah, biasanya kalo nonton bulutangkis ga boleh nih bawa makanan ama minuman dari rumah.


Duh fokussss dikkk.

Sambal mengisi amunisi kita nonton panggung utama, saat itu lagi ada final cerdas cermat antar empat pesantren, lupa namanya apa aja. Tapi yang jelas ada yang dari Bogor, Pandeglang, Bekasi, sama Subang. Oh yaa FYI nih di islamic book fair banyak banget loh rombongan rombongan baik dari pondok pesantren maupun rombongan rombongan sekolah islam lainnya. Mereka juga punya supporter lohh,, dan supporter mereka juga ga kalah rame sama supporter bulutngkis di Istora.


Duhhhh focusss dong dikk…

Nah abis mengisi amunisi, poto poto dan nonton cerdas cermat kita memutuskan untuk mencari tempat sholat. Ternyata tempat sholat sudah disiapkan oleh panitia pake tenda gitu di parkiran. Tempat wudhu pria sama wanita pun beda bentuknya. Kalo pria terbuka gitu, kalo wanita tempat wudhunya ditendain gitu. Tapi berhubung gue engga tau kalo tempat wudhu wanita ada kayak gitu, gue wudhunya di kamar mandi. Tempat sholatnya lumayan luas tapi yah gitu lumayan panas juga. Abis dari tempat sholat kita memutuskan untuk naik ke lantai dua, di lantai dua ini banyaknya stand stand yang menjual gamis, jilbab gitu gitu. Setelah berkeliling keliling kita turun lagi dan langsung menemukan area halal food court.

Denger denger sih, Halal Food Court ini baru ada tahun ini. Nah mampir lah dulu kita disini, dan abis dari sini kita memutuskan untuk pulang. Tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, kita memilih pulang melalui halte GBK, lalu transit lagi di halte Bendungan Hilir, melewati jembatan sepanjang jalan kenangan menuju halte Semanggi dan naik transjakarta menuju pinang ranti. Berhubung kita pulang masih siang, jadi busnya kosong dan bias duduk. Coba kalo pulang barengan pas orang orang kantor pulang kerja jangan harap bisa duduk, bisa masuk ke dalam busway pinang aja udah bersyukur dah. Dan berhubung kita berdua sudah teramat lelah akhirnya kita tidur dan baru bangun pas udah nyampe.
                                           Ini dia salah satu stand penerbit :)



                          Biasanya masuk Istora bayar buat nonton bulutangkis, eh ini gratis duduknya paling depan lagi :)

        Disebrang sana terdapat Tim Suporter masing masing Ponpes yang sedang berlomba, diatas tempat aku duduk juga ada sebenernya. Tapi ribet ngambil potonya

                      Nah ini dia hasil buruan kami, untuk ukuran book fair sih termasuk dikit :)



Yeayyyy sekian petualangan gue kali ini, seru, capek, udah pasti tapi bikin ketagihan. Masih ada buku buku diskon yang belum kebeli soalnya -,-.

Sampai bertemu lagi di petualangan yang lainnya….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Beregu Putra di Perempatfinal Badminton Asia Team Championships 2018

Nonton Langsung Bulutangkis di Istora Gelora Bung Karno part 1

Nonton Langsung Bulutangkis di Istora Gelora Bung Karno part 2