Tim Beregu Putra ke Final Badminton Asia Team Championships 2018

Tim Beregu Putra ke Final Badminton Asia Team Championships 2018

Alhamdulillah ya Allah, masih berasa banget terharunya, kaki masih pada dingin.

Jadi sebelumnya gue udah menceritakan tentang Tim beregu putra di perempatfinal Badminton Asia Team Championships 2018 kali ini gue akan bahas tentang perjalanan Jojo dkk di babak semifinal. Di semifinal Indonesia harus berhadapan dengan Korea Selatan. Gue sendiri sih santai sambil berharap Giedon udah pulih jadi bisa main. Ternyata eh ternyata jeng jeng, sebelum line up keluar, sudah banyak isu yang beredar yang berasal dari pengakuan seseorang, bahwa dia melihat Minions di Bandara. Minions iya Minions, bukan Cuma Gideon tapi beserta Kevin, loh kok mau kemana mereka? Berarti engga main lagi dong? Terjadilah gunjang ganjing dikhalayak ramai, bahkan ada komentar komentar di facebook yang mengatakan mereka tidak nasionalis, engga niat tanding, pokoknya parah deh. Ya kali ya, hanya karena gitu doang mereka dibilang engga nasionalis? Buat apa selama ini mereka tanding mati matian. Oke cukup isu tersebut, gue sih awalnya engga percaya, masih menunggu statement resmi dari PBSI.

Ternyata pas line up keluar, JEGERRR..

Bener sudah tidak ada nama Kevin/Gideon di dalamnya. Dan yang lebih menghebohkan lagi tidak adanya nama Ginting di line up, nah loh. Mulailah netizen yang maha benar langsung pada marah marah dan pesimis. Muncullah statement dari official kalo Kevin/Gideon memang balik duluan ke Indonesia, karena Gideon harus menjalani terapi, sedangkan Ginting dalam kondisi tidak fit. Lah terus kevin ngapain pulang coba? Katanya sih mau fokus ke All England. Mungkin Minions tidak ingin dipisahkan.

Oke balik ke pertandingan, gue akan menceritakan berdasarkan livescore yang gue ikuti karena tidak streaming.  Partai pertama Indonesia tetap memainkan Jojo, eh Btw Jojo belum terkalahkan loh selama turnamen ini. Jojo vs So Wan Ho, awalnya sempet bikin deg degan, karena di pertemuan terakhir Jojo kalah. Tapi ternyata Jojo benar benar bisa diandalkan, Jojo menang straight game dari Son Wan Ho dengan skor 21-18 21-14.

Di partai kedua turunlah Ahsan /Angga , ini merupakan pasangan baru, pertama kali tampil di Indonesia Maters dan kalah dengan mudahnya dari pemain Denamrk. Nah loh, tapi yah balik lagi kita Cuma bisa doa. Ternyata Ahsan/Angga berhasil menjawab keraguan netizen dengan menang straight game dan skor menjanjikan 21-8 21-10. Hal ini semakin membuat Indonesia bangga, karena ganda putra kita kuat semua.

Partai ketiga Ihsan turun melawan Jeon Hyeok Jin, dan saying sekali Ihsan gagal menyumbang poin. Ihsan kalah dengan skor 17-21 16-21. Kedudukan jadi 2-1 untuk Indonesia. Beel antagonis sudah mulai bermunculan.

Partai keempat perasaan Beel kembali nano nano, Hendra/Rian turun melawan Choi Sol Gyu/Kim Duk Young. Gue pribadi sangat amat berharap kita berhasil mencuri poin dari partai ini, karena sangat riskan kalo sampai partai kelima dimainkan. Game pertama berhasil direbut Hendra/Rian dengan skor cukup meyakinkan 21-11, namun sayangnya Korea berhasil memaksakan rubber dan akhirnya pertandingan dimenagkan Korea dengan skor 21-11 18-21 19-21. Kedudukan menjadi 2 sama.

Di partai terakhir sekaligus penentuan turun lah Firman Abdul Kholik melawan Lee Dong Keun, gue dan banyak Beel berharap partai kelima engga perlu dimainkan dan kita ke final. Tapi apa mau dikata, ternyata harus tetap dimainkan, bukan bermaksud mengecilkan Firman, tapi Firman belum menunjukkan progressnya selama beberapa tahun belakang ini. Namanya semakin tenggelam tertutup pencapaian Ginting dan Jojo. Dan di turnamen ini dia belom maen sama sekali lohh. Banyak yang udah pesimis pas dia main, gue sebagai supporter Cuma bisa bantu doa.

Firman cukup meyakinkan di awal game pertama sempat unggul 9-2, sayangnya dia sulit menjaga keunggulan dan tersusul bahkan tertikung jadi 15-16 sempat sama lagi 18-18, kesalip lagi 18-20 dan akhirnya Firman berhasil nikung jadi 22-20 dan merebut game pertama. Di game kedua Firman terus tertinggal dan akhirnya Lee Dong Keun berhasil merebut game kedua dengan skor 21-11. Lagi dan lagi digame ketiga Firman cukup meyakinkan karena sempat unggul 6-3, tapi yah gitu disamain di poin 14-14 eh ketikung jadi 14-20. Sudahhhhh, gue engga berani buka livescore, menguatkan hati untuk ikhlas. Beel antagonis semakin mengganas. Hanya mengikuti livescore lewat timeline twitter, itu admin bultang udah pada ngawur, ngelawak, campur aduklah. Gue scroll TL pelan pelan sambal engga putus doa buat tim Indonesia. Ingat DOA adalah koenjti. Pas ngeliat TL Firman skornya naik secara perlahan, doa gue semakin kenceng. Entahlah walaupun PBSI bilang turnamen ini bukan target utama, yang penting udah lolos ke Thomas Cup, gue tetap berharap Indonesia bisa juara disini secara kita kan juara bertahan. Sampai akhirnya skornya jadi 20-20, parah tangan gue udah dingin, jantung udah jumpalitan, kacaulah mulut komat kamit baca doa, sambal scroll TL bener bener pelan pelan takut kena zonk. Skor pun berubah menjadi 21-20, Firman berhasil nikung, dan akhirnyyyaaaaa Firman menang 22-20. Indonesia ke FINALLLLLLL.

Terharuuuuu, gue pernah nangis pas Greysia/Nitya, Ahsan/Hendra juara Asian games 2014, gue pernah nangis pas tim beregu putra juara Sea Games 2015, Ahsan/Hendra juara dunia 2015 dan Owi/Butet juara Olimpiade 2016. Tapi kali ini belum juara gue udah nangis terharu duluan. Gue engga nonton, karena emang engga ada streamingnya, Cuma ngeliatin skor tapi gregetnya minta ampun.

Sayangnya, saat Firman main dan ketinggalan Beel antagonis sudah mulai membully. Bahkan sempet ada di twitter yang ngetwit komentar Beel antagonis DI Ig Ihsan gini katanya “WOY UDAHAN SAMA IHSAN, AYO MOVE KE IG FIRMAN”  gilak ya? Anak bangsanya masih bertanding, berjuang dan posisi tertinggal bukannya bantu doa malah pada kayak gitu. Kesel banget dah. Semoga orang orang tersebut pada malu sekarang.

Eh iya barusan liat di twitter resmi PBSI, katanya “winning point yang diraih Firman dihasilkan dari puklan Lee yang dinyatakan Fault oleh wasit karena ujung raketnya mengenai net. Tim Korea sempat mengajukan protes hingga ke Referee, namun keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat. Kekecewaan ditunjukkan Lee dan pelatihnya, Firman bahkan harus terduduk di penyangga net menunggu Lee mau bersalaman dengannya. Aksi ini membuat Lee diganjar kartu merah oleh waSIT Lee akhirnya mau bersalaman dengan Firman”. Gitu, rame banget kan? Kalah lah drama Korea. Biasanya sih kalo kartu merah lawan dapat poin tambahan tapi ini engga berpengaruh kayaknya kan pertandingan udah selesai.

Oke sekian keseruan pertandingan semifinal Tim beregu putra Indonesia vs Tim beregu putra Korea, yang berhasil membuat malam minggu ini penuh warna. Besok beregu putra Indonesia akan menghadapi beregu putra China.

Semoga Indonesia juara . Aamiin

Byeee…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Beregu Putra di Perempatfinal Badminton Asia Team Championships 2018

Nonton Langsung Bulutangkis di Istora Gelora Bung Karno part 1

Nonton Langsung Bulutangkis di Istora Gelora Bung Karno part 2