Curug Cipamingkis

Nah setelah dari Jonggol Garden gue dan rombongan melanjutkan perjalanan ke curug, dan curug yang dipilih bapak gue adalah curug cipamingkis. Gue sendiri pernah kesana sama bapak gue, lupa tahun berapa. Dari Jonggol Garden ke Curug Cipamingkis menurut maps sekitar 25 KM atau sekita 1 jam, perjalanan dimulai dari pukul setengah 11 lewat, gue lupa tepatnya lewat berapa. Kali ini jalanan yang kita tempuh cukup ramai, mungkin karena udah siang kali ya, jadi berasa kalo jalan yang kita tempuh beneran menuju tempat wisata. Selain rame jalannya cukup menantang naik turun, belokan tajam, yah pokoknya khas daerah puncak. Gue sempet merasa pusing karena kondisi jalan, ade gue yang kagak tidur ngerasa mabok XD.

Diperjalanan, lupa tempat pastinya, ada tanjakan yang menurut gue hampir 90 derajat, nah di ¾ tanjakan itu ternyata ada mobil mogok. Hal ini otomatis bikin macet parah, karena jalan yang bisa dipakai Cuma satu jalur alias harus bergantian dan mobil yang mogok gak mungkin ada yang mau dorong, berat cuy ngedorong ditanjakan ekstrim gitu. Sumpah ini macet parah, dan akhirnya kita Bersama pengendara lainnya mampir dulu diwarung/rumah warga deket situ sambil meratiin macetnya jalanan. Setelah merasa macetnya berkurang kita memutuskan melanjutkan perjalanan, pas mau melewati tanjakan gue, ade gue dan bibi gue mutusin jalan kaki, sumpah ini tanjakan terlalu menantang. Selama jalan kaki menuju atas, gue mencium bau kebakar gitu dari kendaraan kendaraan yang lewat. Sambil terus melanjutkan perjalanan, banyak loh kendaraan yang mogok, baik mobil maupun motor.

Akhirnya setelah melalui jalanan jalanan menantang, menembus panas, dan menahan badan yang pegel pegel sampe lah kita di Curug Cipamingkis. Tiket masuknya 25000 / orang dan 2000/motor. Masuk deh, setelah parkir, bapak memutuskan buat solat dulu sedangkan kita jajan, banyak tukang jajan loh disana. Kita jajan bakso goreng gitu 2 biji 5000 saja, untuk tempat wisata murah lah menurut gue karena baksonya lumayan gede. Setelah dapet jajanan kita jalan menuju curugnya, ditengah jalan kita ngelihat tulisan rumah pohon, akhirnya kita memutuskan mampir dulu dirumah pohon, smabil ngabisin baksonya. Setelah jepret jepret di rumah pohon, kita melanjutkan perjalanan ke curugnya. Seperti biasa kalo menuju curug pasti jalannya naek turun, tapi naek turun disini dibikin tangga gitu.

Sampe tujuan ade gue si Naza, Alfa dan Rizal pada langsung buka baju, mau maen air, gue dan bi Neneng Cuma duduk duduk nungguin barang barang. Pas bapak gue nyamperin gue dan bi Neneng poto poto deket air terjunnya. Terus kita makan siang pake pop mie, harganya masih murahlah Cuma 8000 saja. Selesai makan, gue bertugas menjadi tukang poto yang pada maen air, kalo engga di poto engga mau pulang. Selesai poto poto kita turun lagi mau pulang karena takut kesorean. Oh iya banyak yang berubah dari curug ini, sekarang di curug cipamingkis banyak banget spot foto kenkinian yang instagramable, mulai dari rumah pohon, tulisan I LOVE U, gambar bintang dan taman bunga yang cantik. Jadi sebelum turun gue sempet foto dibeberapa spot foto yang sepi.

Selesai kita pulang, dengan bayar parkir lagi sebesar 2000 per motor. Pulangnya kita memutuskan lewat jalur pas berangkat tapi langsung ke citerep bukan lewat jonggol lagi. Pas pulang gue pikir asik lah, bakal banyak turunan, secara pas pergi kita banyak nanjaknya. Ternyata gue salah, pas lagi turun disuatu turunan motor bapak gue los, jadi remnya ga berfungsi gitu. Untungnya pas itu terjadi jalanan lagi sepi dan bapak gue langsung banting arah kekanan dan hampir nabrak warung. Terus ada pengendara motor yang ternyata mengalami itu juga, dan langsung ngebantu dengan ngasih air ke rem bapak gue, kangsung keluar asap gitu. Pas bapak gue lagi ngambil air lagi buat nyiram rem motor yang laennya.  Ada pengendara lain yang juga berenti karena ngalamin hal yang sama juga, pas kita mau melanjutkan perjalanan pun ada pengendara yang berenti karena los juga. Kalo kata ade gue yang suka ngotak ngatik motor, hal itu disebabkan pas kita turun kan ngerem mulu tuh, nah remnya jadi panas akhirnya minyak remnya engga turun, makanya pas disiram air langsung keluar asap. Gitu lah pokoknya. Dan setelah merasa motor baikan, kita melanjutkan perjalanan, kalo pas macet, bapak gue suka nyiramin rem pake air yang tadi dibawa. Dan akhirnya setelah perjalanan naek turun, berkelok kelok, pegel pegelan nyampe lah kita dirumah jam  6 kurang.

Kesan gue terhadap curug cipamingkis, tempatnya asik, pengelolaan yang baik, bayak spot foto kekinian, masih asri, harga jajanannya masih terjangkau, sayangnya gue kemarin sempat kesulitan menemukan tempat sampah pas dideket air terjunnya. Itu aja sih, tempat ini rekomended banget buat yang suka alam dan suka foto foto bagus buat Instagram.

Sekian perjalanan liburan kali ini. Sampai ketemu di tempat wisata lainnya.