Bakti sosial part 1

Kegiatan bakti sosial atau yang biasa disebut baksos merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin tiap tahunnya  dijurusan yang sedang gue ambil. Kegiatan baksos yg dilakuin di jurusan gue memiliki tujuan untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian masyarakat sekaligus juga guna mengaplikasikan ilmu yang dipelajari dikampus untuk kepentingan orang banyak. Yaa kenapa kegiatan ini dikatakan dapet mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di kampus? Karena kegiatan baksos yang diadakan jurusan gue adalah merenovasi bangunan yang dimanfaatkan banyak orang seperti masjid, atau sekolahan. Pas banget kan sama jurusan aku yang teknik sipil.
Kegiatan tahunan ini aku ikutin pertama kali saat tahun lalu, selama 3 hari 2 malem ( dari jumat sore sampe minggu sore)  Kegiatan itu melibatkan 3 angkatan secara langsung . Saat itu angkatan gue , angkatan 2013 Menjadi peserta dan tim advance, angkatan 2012 menjadi tim logistik dan angkatan 2011 yang mengadakan baksos itu dan menjadi yang bekerja di proyek. Seruu kan?? Selain itu kegiatan ini juga melibatkan para alumni yang ingin membantu masalah pendanaan atau ada juga yang membantu memberikan saran saran ketika renovasi berjalan.
Saat itu angkatan gue yang jadi tim advance yang disebut pasukan semut merah terlibat langsung diproyek dan makanan mereka ditanggung oleh tim logistik, sedangkan yang peserta itu terlibat diproyek dan juga harus masak buat makan sendiri. Gue termasuk dalam peserta. Waktu itu jumlahnya 27 orang, 10 laki laki anak mami, 17 perempuan (kalo engga salah inget). Padahal target dari angakatan 2011 maunya yang ikut bisa minimal 50 orang tapi yaa apa daya karena acara baksos juga diadakan pas liburan semester jadi mungkin banyak juga yang pulang kampung. Mungkin loh yaaa !
Saat itu kita tidur ditenda pleton (eh itu kalo engga salah) pokoknya tenda ala TNI gitu, yang hanya beralaskan terpal dan banner. Didalem tenda kita juga mendirikan tenda lagi yang ukurannya kayak tenda kemah kemahan gitu, tujuannya buat mengamankan logistik yang kita bawa sendiri, maklum saat itu adalah musim hujan. Baru sampe kita langsung nyiapain buat makan malem kita ber 27 orang. Abis itu kita ke proyek baksosnya. Disana kita dijelasin tentang bangunan yang lagi di renovasi tersebut, selain itu kita yang saat itu baru selesai semester 1, dan masih awam dengan dunia bangunan pun sedikit dapet banyak penjelasan tentang bangunan dari abang abang angkatan 2011. Lumayanlah dapet bayangan apa yang akan kita pelajari di semester lebih lanjut.
Abis dari proyek kita balik ke tenda buat siap siap tidur. Tapi sebelum tidur kita yang dijagain sama angkatan 2011 harus terganggu gara gara peserta cowok yang ditenda cuma 2 orang sisanya entah kemana. Alhasil kita disuruh menghubungi mereka berkali kali. Dan itu nyebelin, mereka engga mau ngasih tau mereka dimana. Tapi akhirnya setelah angkatan 2011 yang menghubungi mereka baru mau balik ke tenda. Ternyata mereka tidur di mesjid, gara gara di tenda tidurnya pake terpal yang dibawahnya banyak batu( manja banget kan?? ) padahal kita yang cewek juga tidur di tempat yang sama banyak batunya.  Terus akhirnya kita siap buat bobo deh dengan menggunakan lotion anti nyamuk karena banyak banget nyamuknya. Sebenernya gue engga bisa tidur soalanya ada yang ngejagain kita sambil ketawa tawa diluar tenda ditambah banyaknya nyamuk yang bikin gemess . Besok paginya kita siap siap masak buat sarapan kita ber 27 orang tersebut. Abis sarapan kita ke proyek lagi, kali ini kita bantu bantu. Ada yang bantu bantu mindahin bahan bahan bangunan, ada yang ngecat tembok ada yang mecahin puing puing bangunan dan kita juga diajarin beberapa ilmu seperti cara masang lantai ubin dan banyak lagi dah.
Abis itu yang cewek pada balik ke tenda mulai masak buat makan siang sedangkan yang cowok tetep bantu diproyek. Sweet banget yaa entar pas jam makan siang si cowok tinggal makan udah kayak suami istri aja. Selesai makan cowok balik ke proyek, kita yang cewek juga balik ke proyek tapi kali ini kita ke proyek buat ngadain bazar baju dan buku bekas yang masih layak pakai. Nanti uang hasil bazar disumbangin buat sekolahan tersebut.
Pas sore tiba, kita para cewek balik lagi ke tenda buat nyiapin makan malem. Pas banget waktu itu ujan deres banget dan tenda kita kebanjiran. Tim logistik angkatan 2012 yang tendanya di samping tenda kita panik dan langsung pindah ke parkiran deket balai desa, sedangkan kita tetep aja asik masak sambil pake payung soalnya tendanya bocor. Sumpah ini gokill.... Nah saat itu anak cowok yang ada ditenda cuma 1 orang dan dia abis mandi, tapi dia terus rela ujan ujanan buat bikin parit biar airnya engga terus terusan masuk ke dalem tenda. Akhirnya anak anak cowok  pasukan semut merah dateng bantuin bikin parit, terus mereka berdebat mikirin entar malem kita (peserta)tidur dimana bahkan mereka nawarin kita buat tidur ditenda mereka (advance) yang lokasi deket proyek dan ditengah tengah sawah . Sedangkan kita yang dipikirin tetep asik masak sambil pake payung. Sumpah kalo inget ini ketawa mulu .
Akhirnya makanan siap cowok cowok peserta yang ngilang pas tenda banjir itu pun muncul dan ternyata mereka abis mandi di mesjid, alhasil mereka diomelin sama temen gue dan diancam engga bakal dikasih makan malem kalo engga mau bikin parit dulu. Kejam kan kita ??
Derita tenda banjir pun diperparah dengan listrik tenda yang dimatiin karena lampu tenda yang alirannya dialiri dari balai desa dicabut karena colokan listriknya mau dipake buat acara temu warga. Alhasil malem minggu itu kita lewatin dengan candle light dinner di dalem tenda. Duhhh so sweet ...
Malem malem kita ketemu dan ngobrol dengan ketua yayasan dan warga sekitar sambil makan malem bersama yang disiapin tim logistik. Berhubung kita (peserta) udah kenyang, yah kita engga ikut makan deh. Abis itu kita balik ke tenda dan tidur di terpal dan banner yang udah di lapin walaupun agak basah dengan kondisi tumpuk tumpukan karena sebagian dalem tenda udah berubah jadi kolam. Duh jadi pengen berenang..
Tas tas saat itu udah ditumpuk jadi satu deket tempat cewek yang udah udah pada siap siap bobo cantik. Tapi anak cowok malah sibuk bongkar bongkar tas nyari sikat gigi. Duh sumpah anak mami ini ngeselin 
Dan sialnya gue dapet posisi yang engga bagus, pas lagi tidur gue merasa dingin ternyata baju aku basah semua gara gara ngerembes air dari bawah banner. Hufttt..
Tengah malem sekitar jam 1 an kita dibangunin disuruh pindah ke balai desa gara gara ujan engga berenti berenti dan ada acara ketemu sama alumni. Dan itu menyebalkan,kenapa alumni harus dateng tengah malem??? Acara itu berlangsung ampe jam 4 pagi abis itu kita bobo lagi dehh di balai desa. Bangun bangun minggu pagi jam 6 terburu buru solat subuh .
Langsung masak lagi buat sarapan, abis sarapan yang cowok bantu bantu di proyek sedangkan yang cewek masak lagi buat makan siang. Selesai makan siang kita beresin barang barang dan karena logistik makanan kita yang baksos hanya 3 hari 2 malem itu kayak logistik buat seminggu dan engga mungkin kita bawa pulang lagi, alhasil kita bagiin ke warga sekitar. Abis itu kita balik buka bazar lagi. Bazar itu yang tadinya dijual, karena masih banyak yang engga laku dan kita udah mau pulang alhasil kita kasih ke warga sekitar secara gratis.  Abis itu kita siap siap pulang, naek tronton. Di perjalanan pulang ujan deres banget dan trontonnya bocor alhasil ada yang nadahin air pake baskom yang ada ditronton dan aku kebagian megangin bagian teronton yang berkibar kibar supaya airnya engga masuk ke dalam tronton. Dan akhirnya nyampe kampus jam 10 malem dan udah dijemput sama bapak. Hehehehe
Dan tahun ini juga akan diadakan baksos lagi, beda nya tahun ini gue ikut sebagai tim logistik jadi engga akan main diproyek dan juga tahun ini engga ada sahabat terbaik gue Almarhumah Rosmalla Jelita yang tahun lalu begitu semangat ikut baksos padahal dia lagi sakit sampe jalannya pincang pincang o(╥﹏╥)o
Miss you sobat, senyum mu semangat mu untuk berbagi telah menginspirasi ku 
Semoga baksos tahun ini berjalan lancarr Aamiin (」゚ロ゚)」

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Beregu Putra di Perempatfinal Badminton Asia Team Championships 2018

Nonton Langsung Bulutangkis di Istora Gelora Bung Karno part 1

Nonton Langsung Bulutangkis di Istora Gelora Bung Karno part 2